NTP di Linux

May 3, 2011 in System Administration Documentation

Meskipun fitur date pada komputer biasanya di support oleh batre BIOS agar date bisa selalu terupdate, kadang ada keadaan yang membuat fitur date tersebut tidak bisa digunakan karena batre habis atau kondisi lainnya. Solusi untuk mengatasi masalah pewaktuan ini adalah menggunakan NTP server untuk menjaga agar update waktu selalu terjaga.
Sekilas tentang NTP ( Network Time Protocol ) adalah protocol yang membantu sinkronisasi waktu pada linux dengan sumber waktu yang akurat. dalam memanfaatkan NTP ini kita bisa menggunakannya sebagai client atau sebagai NTP server itu sendiri.
untuk membuat server NTP, anda bisa download package nya , tentunya hal ini tergantung dengan distro yang anda gunakan, misalkan kita menginstall ntp server untuk redhat based linux kita bisa memanfaatkan fitur yum sehingga kita tidak terlalu dipusingkan yang namanya depedencies.

sekarang kita lihat konfigurasi ntp ( ntp.conf) :

# Use public servers from the pool.ntp.org project.
# Please consider joining the pool (http://www.pool.ntp.org/join.html).
server ntp.ub.ac.id
#server 0.centos.pool.ntp.org
#server 1.centos.pool.ntp.org
#server 2.centos.pool.ntp.org
#server 1.id.pool.ntp.org
#server 3.asia.pool.ntp.org
#server 2.asia.pool.ntp.org

pada baris diatas kita akan melakukan set stratum server ntp yang akan kita set untuk mengikuti jam pada sisi server. pada konfigurasi diatas saya melakukan konfigurasi untuk mensetting jam pada linux saya mengikuti server ntp universitas brawijaya.

setelah kita melakukan setting stratum server, kita bisa melanjutkan ke setting atau konfigurasi restrict, di bagian ini kita akam melakukan konfigurasi host/client mana yang akan kita ijinkan untuk memanfaatkan fitur ini.

# Hosts on local network are less restricted.
#restrict 192.168.1.0 mask 255.255.255.0 nomodify notrap
restrict x.x.x.x mask 255.255.255.255 nomodify notrap

konfigurasi diatas saya buat untuk mengijinkan IP x.x.x.x sendiri ( karena saya pake mask /32 ) untuk menggunakan fitur server ntp saya.
Anda bisa buat pengguna dengan ip 192.168.1.0/24 untuk menggunakan fitur ntp anda dengan cara :

# Hosts on local network are less restricted.
#restrict 192.168.1.0 mask 255.255.255.0 nomodify notrap
restrict 192.168.1.0 mask 255.255.255.0 nomodify notrap

setelah config selesai, kita akan jalankan service ntp tersebut

sekarang kita lihat di sisi klien.konfigurasi yang harus dibuat, mudahnya kita buat bash script (saya buat dengan nama synctime.sh dan saya taruh di folder etc ) seperti ini :

#!/bin/bash
/usr/sbin/ntpdate -u y.y.y.y

asumsi y.y.y.y adalah IP ntp server anda, pastikan anda lakukan chmod +x pada script bash anda agar file program anda bisa di eksekusi.
sekarang pastikan anda edit crontab anda dengan :

#ntp ub synchronization
*/05 * * * * /etc/synctime.sh > /dev/null 2>&1

crontab diatas bermaksud untuk mengeksekusi file synctime.sh tiap 5 menit sekali.
demikian sekilas tentang ntp.

tulisan diatas adalah untuk dokumentasi pribadi saya, so please do with your own risk bila anda mengalami masalah. cheers !

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>