Kombinasi NIS dengan NFS

dear diary friends, beberapa waktu yang lalu saya sempet membahas mengenai konfigurasi NIS, sekarang saya akan coba bahas bagaimana menggabungkan teknologi NIS dengan NFS, lupa ? baca ini dulu. nah problemonya sekarang adalah masalah filesystem si klien NIS, apabila kita menginginkan untuk memanage home direktori dari nis user, kita bisa memanfaatkan service NFS ( network filesystem ) untuk menanggulangi masalah ini. how ? begini ceritanya ….

skenario

saya buat semua direktori user NIS ada di direktori /homenis pada NIS master server.

konfigurasi NFS server

kita akan menggunakan daemon exportfs, dan konfigurasi exportfs ini bisa kita konfig di file /etc/exports, tambah baris ini :

/homenis        *(rw)

baris diatas menjelaskan bahwa direktori /homenis pada master server akan bisa diakses oleh IP siapapun dengan mode read and write, kita bisa melimit IP ataupun hanya domain NIS saja yang diperbolehkan dengan cara seperti ini (contoh)

/homenis        *.sampleajah.com(ro)
/homenis        192.168.0.0/255.255.0.0(rw)
/homenis        @nisdomain(rw)
/homenis        192.168.0.1(rw)

baris pertama diatas memperbolehkan semua host domain sampleajah.com bisa akses direktori /homenis, baris kedua menunjukkan blok 192.168.0.0/16 diperbolehkan akses, dibaris ke-3 domain NIS dengan nama domain nisdomain diperbolehkan akses, dan baris terakhir menunjukkan hanya IP 192.168.0.1 yang memperbolehkan akses. tulis sesuai dengan konfigurasi yang anda inginkan.( ro= read only , rw=read and write).

setelah mengkonfig /etc/exports eksekusi command :

exportfs -a

setelah itu jalankan daemon portmap, nfslock, dan nfs pada NIS & NFS server.

konfigurasi NFS pada client

pada klien yang tergabung dalam NIS domain, buat satu direktori contoh saja misalken /homenisklien, dan sekarang silahken coba mount direktori /homenisklien pada komputer klien dengan /homenis pada server.

mount IP_NFS_Server:/homenis /homenisklien
mount 192.168.1.1:/homenis /homenisklien –> ini misal/contoh

apabila mounting diatas belum sukses berarti ada masalah .. cek lagi konfigurasi NFS server dan cek juga firewall. bila berhasil maka si klien sekarang akan bisa mengakses direktori /homenisklien sesuai dengan permission yang di set pada /etc/export NFS server. segera umount /homenisklien anda bila sukses untuk melakukan un-mount.

sekarang bisa kita bayangkan apabil klien kita 100 ? dan klien kita gagap teknologi ? masa kita akan mengkonfigurasi mounting file satu persatu ? dan melakukan mount seperti cara diatas hanya berlaku sementara. sekarang kita akan manfaatkan service autofs atau auto filesystem.

Konfigurasi autofs pada NFS server

untuk menggunakan autofs kita bisa mengkonfigurasi file /etc/auto.master, sebelum itu backup file tersebut ke file yang lain. tambahkan baris berikut :

/homenis /auto.homenis

baris diatas berarti kita membuat direktori /homenis pada NFS server di atur oleh file /etc/auto.homenis, sekarang kita buat file /etc/auto.homenis. dan berisikan :

nisuser         IP_Client_NIS:/homenis/nisuser

file diatas menunjukkan user nisuser memiliki direktori /homenis/nisuser pada ip client di situ. dan kemudian jalankan file daemon autofs.

konfigurasi autofs pada klien

konfigurasikan file /etc/auto.master pada klien ( backup terlebih dahulu ) dan ketikkan baris berikut :

/homenis /etc/auto.homenis
+auto.master

isi file auto.homenis dengan isi sbb :

*       192.168.1.1:/homenis/&

file diatas berarti direktori homenis pada klien NIS akan diarahkan ke file server dengan IP 192.168.1.1:/homenis/&, sehingga semua direktori milik nisuser akan dapat di akses. ( secara fisik akan berada di 192.168.1.1 di direktori /homenis )

sekian untuk posting hari ini.

NB : tutorial diatas bertujuan untuk dokumentasi pribadi saya, bila anda ingin mencobanya dirumah silahkan coba tetapi tentunya dengan ketentuan dan resiko anda tanggung sendiri :) .. do at your own risk.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>